Apa Itu Komplek: Komplek adalah Gabungan dari Suatu Kesatuan

PropertyKlik.com – Komplek adalah himpunan kesatuan atau kelompok. Dalam bidang properti, komplek mengacu pada sebuah kawasan baik itu perumahan, industri, pergudangan, maupun perkantoran, yang mana desain bangunan di lingkungan tersebut sudah diatur bentuk dan ukurannya.

Jika spesifik merujuk komplek perumahan, maka definisinya adalah sebuah kawasan yang umumnya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas umum seperti jalan raya, taman, area bermain anak, dan tempat parkir.

Selain itu, seluruh rumah yang ada di perumahan memiliki desain yang seragam, namun tidak menutup kemungkinan dalam sebuah perumahan yang besar terdapat beberapa tipe rumah. Untuk memahami lebih jauh, simak pembahasannya lewat sejumlah poin-poin berikut ini:

Apa Itu Komplek?

Komplek adalah himpunan kesatuan atau kelompok. Pada komplek perumahan, kesatuan kawasan ini seringnya dibangun oleh pengembang properti atau perusahaan konstruksi. Tujuan utama dari pembangunan kompleks perumahan adalah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat. Selain itu, pembangunan perumahan juga memiliki beberapa keuntungan, seperti:

Manfaat atau Keuntungan Pembangunan Komplek Perumahan

1. Lebih Teratur dan Terpadu

Perumahan yang dibangun secara terencana dan terpadu akan memberikan kesan yang lebih teratur dan indah bagi lingkungan sekitarnya. Selain itu, kompleks perumahan yang terpadu juga memudahkan penghuni untuk mengakses fasilitas-fasilitas umum yang ada di dalamnya.

2. Keamanan dan Kenyamanan Tinggi

Dalam kawasan perumahan, keamanan dan kenyamanan menjadi hal yang sangat penting. Oleh karena itu, pengembang properti atau perusahaan konstruksi akan memperhatikan hal-hal tersebut ketika membangun perumahan. Kompleks perumahan umumnya juga dilengkapi dengan sistem keamanan seperti pagar, pos keamanan, dan CCTV sehingga penghuni merasa lebih aman dan nyaman.

3. Harga Properti yang Lebih Stabil

Properti yang berada dalam perumahan cenderung memiliki harga yang lebih stabil dibandingkan properti yang berada di lingkungan yang kurang tertata. Hal ini karena perumahan biasanya memiliki infrastruktur yang lengkap dan fasilitas-fasilitas umum yang memadai sehingga menarik minat calon pembeli.

Menemukan rumah idaman jadi gampang berkat bantuan agen properti profesional dan berpengalaman.

Temukan agen properti berdasarkan kawasan incaran Anda di sini!

4. Komunitas yang Solid

Penghuni perumahan seperti ini biasanya memiliki komunitas yang solid dan saling mendukung. Hal ini karena penghuninya biasanya memiliki lingkungan yang sama, fasilitas yang sama, dan keamanan yang sama. Sehingga mereka dapat saling berinteraksi dan berkumpul untuk mempererat hubungan sosial.

Apa Itu Komplek Perumahan?

Secara sederhana, definisi komplek perumahan adalah kelompok atau lingkungan bangunan untuk tempat tinggal. Namun dalam dunia properti, perumahan ini tak hanya berupa sekelompok rumah dalam satu wilayah.

Sedangkan menurut Undang-undang No. 4 tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman, perumahan berada dan merupakan bagian dari permukiman, perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan (pasal 1 ayat 2).

Dengan begitu, sebuah perumahan harus dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan, seperti jalan dan sistem drainase. Juga disediakan fasilitas untuk warga setempat, seperti ruang terbuka hijau atau tempat ibadah.

Perbedaan Komplek dengan Perumahan

komplek
Komplek perumahan biasanya lebih besar jumlah unit huniannya dibandingkan dengan perumahan.

Komplek dan perumahan adalah dua konsep yang seringkali digunakan dalam dunia properti. Meskipun keduanya memiliki kaitan dengan hunian, tetapi terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan keduanya:

1. Jumlah Unit Hunian

Perumahan biasanya terdiri dari beberapa unit rumah yang dibangun secara terpisah-pisah atau satu per satu. Sedangkan komplek perumahan merupakan beberapa unit hunian yang dibangun secara terpadu atau dalam satu kawasan yang sama. Biasanya juga lebih besar jumlah unit huniannya dibandingkan dengan perumahan.

2. Fasilitas Umum

Komplek perumahan biasanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti taman, tempat bermain anak, kolam renang, pusat kebugaran, dan sebagainya. Sedangkan perumahan hanya menyediakan fasilitas-fasilitas dasar seperti jalan masuk, tempat parkir, dan saluran air.

3. Desain Bangunan

Perumahan memiliki desain bangunan yang beragam dan tidak selalu memiliki kesatuan desain. Sedangkan komplek perumahan biasanya memiliki desain bangunan yang seragam dan terintegrasi satu sama lain, sehingga memberikan kesan yang lebih harmonis dan teratur.

Temukan berbagai properti baru pilihan, baik residensial maupun komersial.

Selengkapnya di sini!

4. Harga Properti

Harga properti di komplek perumahan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan harga properti di perumahan. Hal ini dikarenakan perumahan seperti ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang lebih lengkap dan memiliki standar kualitas yang lebih tinggi.

5. Keamanan

Keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan komplek perumahan. Misalnya dilengkapi dengan sistem keamanan seperti pagar, pos keamanan, dan CCTV sehingga penghuni merasa lebih aman dan nyaman. Sedangkan perumahan hanya memiliki sistem keamanan yang terbatas seperti pagar rumah dan pintu gerbang.

6. Pengembang Properti

Perumahan biasanya dibangun oleh pengembang properti kecil atau individu, sedangkan komplek perumahan biasanya dibangun oleh pengembang properti besar atau perusahaan konstruksi yang memiliki modal dan sumber daya yang cukup untuk membangun kawasan perumahan yang terpadu dan lengkap.

7. Lokasi

Lokasi perumahan biasanya tersebar di berbagai wilayah yang memiliki aksesibilitas yang beragam. Sedangkan komplek perumahan biasanya dibangun di lokasi yang lebih strategis dan memiliki aksesibilitas yang lebih mudah.

Itulah penjelasan lengkap terkait komplek dan bedanya dengan perumahan. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, terutama bagi PropKlikers yang hendak membeli rumah, baik rumah baru dalam komplek perumahan ataupun rumah second di perkampungan.

PropertyKlik.com: Portal Properti Terpercaya untuk Wujudkan Hunian Impian Anda #KlikAja

Orang lain juga bertanya: Komplek

  • Komplek dan kompleks dalam bahasa Indonesia memiliki arti yang luas. Menurut KBBI komplek lebih sering digunakan untuk merujuk pada hunian perumahan. Sedangkan kompleks lebih sering diartikan sebagai beberapa bagian yang rumit, sulit, dan saling berhubungan.

  • Pengertian komplek bisa diartikan sebagai kelompok rumah yang memiliki tipe hunian yang berbeda dengan fasilitas yang minim. Biasanya komplek ini disebut dengan perumahan rakyat hingga perumahan nasional. Sebaliknya perumahan memiliki tipe atau model rumah yang seragam serta disediakan fasilitas yang lengkap.

  • Gunakan kompleks untuk merujuk pada sesuatu yang tidak sederhana. Sesuatu yang kompleks mempunyai dua atau lebih bagian yang saling berhubungan, atau strukturnya tidak sederhana. Sebagai kata benda, kompleks adalah sekelompok unit, seringkali berupa sekelompok bangunan.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku yang benar adalah "kompleks," yang dapat digunakan sebagai kata benda atau kata sifat. Penting untuk diingat bahwa "komplek" bukanlah bentuk kata yang ditemukan dalam KBBI.