Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Tanpa Aplikasi, via WA

PropertyKlik.com –  Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) ternyata begitu mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat berapa jumlah saldo di akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Saldo ini bisa Anda cairkan saat pensiun atau saat resign nanti. 

Cara cek saldo ini cukup dengan NIK, bisa online, pakai aplikasi JMO, BPJSTK mobile, tanpa aplikasi, SMS, bahkan lewat WA atau Whats App. Saldo yang dapat dilihat oleh peserta merupakan saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua atau JHT.

Pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan oleh peserta yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau peserta yang mengundurkan diri. Selain itu, saldo JHT juga bisa diambil sebelum peserta berusia 56 tahun. 

Aturan terkait pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan tertera dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 4 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. Untuk mengetahui tujuh cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan online ataupun tanpa aplikasi, simak langkah-langkahnya lewat poin-poin berikut ini:

tangerang selatan 1

Rekomendasi Rumah Nyaman dan Aman di Tangerang Selatan

Temukan beragam pilihan rumah dari berbagai ukuran luas tanah dan rentang harga. Legalitas aman, dengan beragam kemudahan sistem pembayaran.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Lewat Aplikasi JMO

Cara cek saldo BPJSTK online bisa dilakukan dengan aplikasi JMO. Aplikasi ini bisa Anda unduh di PlayStore ataupun AppStore. Setelah mengunduhnya, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Buka Akun, jika belum memiliki akun
  2. Pilih kewarganegaraan
  3. Kemudian, pilih jenis kepesertaan (penerima upah, bukan penerima upah, atau pekerja migran Indonesia)
  4. Isi NIK, nomor kartu peserta BPJS, nama lengkap dan tanggal lahir. 
  5. Selanjutnya, pilih menu Jaminan Hari Tua
  6. Pilih Cek Saldo
  7. Pilih KPJ yang ingin ditampilkan saldonya
  8. Lihat saldo JHT yang tertampil di layar android Anda

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Lewat Aplikasi BPJSTK Mobile

Untuk mempermudah mengecek saldo di mana saja dan kapan saja, Anda bisa menggunakan aplikasi BPJSTK mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakannya:

  1. Unduh aplikasi BPJSTKU Mobile pada App Store atau Google Play.
  2. Buka aplikasinya kemudian klik daftar.
  3. Untuk mendaftar, Anda perlu memasukkan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, NIK, nama, dan tanggal lahir.
  4. Setelah berhasil mendaftar, Anda bisa login dengan memasukkan email dan password yang Anda gunakan untuk mendaftar, kemudian klik login.
  5. Setelah aplikasi berhasil dibuka, klik menu “Lihat Saldo”.
  6. Pilih saldo JHT yang Anda ingin lihat.
  7. Setelah itu, Anda dapat melihat saldo akhir berikut rinciannya.

Cari rumah, apartemen, atau ruko di lokasi strategis, harga kompetitif?!

Semua tersedia lengkap di sini!

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP Menggunakan SMS

Mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan tanpa aplikasi juga bisa, salah satunya dengan memasukkan NIK KTP menggunakan SMS. Jadi cukup dengan menggunakan SMS dan hanya perlu menggunakan NIK KTP saja. Berikut adalah caranya: 

  1. Ketik dengan format: DAFTAR (spasi) SALDO#NIK#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta dan kirim ke 2757. Setelah itu, akan ada balasan berisi ID pemohon.
  2. Jika ID sudah ada, maka balas SMS dengan format: SALDO (spasi) Nomor Peserta dan kirim ke 2757. Anda akan menerima balasan berupa saldo JHT secara langsung.

Perlu diketahui, ada sedikit keterbatasan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP ini. Layanan via SMS ini terbatas untuk provider Telkomsel, XL dan Indosat saja.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat WA (Whats App)

Cek saldo BPJS lewat WA atau Whats App juga bisa menjadi salah satu opsi. Simak cara dan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Simpan nomor WA BPJS Ketenagakerjaan yaitu 0813-8007-0175.
  2. Mulai percakapan via WA pada nomor tersebut, selanjutnya klik ‘Menu’ pada ruang chat dan tunggu hingga sistem memberikan respon.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa layanan informasi BPJS Ketenagakerjaan yang bisa diakses.
  4. Anda tinggal klik nomor layanan yang dibutuhkan dan selanjutnya akan dipandu langsung melalui instruksi sistem di WhatsApp.

5. Cek Saldo BPJSTK Tanpa Aplikasi Lewat Website

cek saldo bpjs ketenagakerjaan 2
Jika belum memiliki akun, maka bisa klik “Buat Akun Baru” untuk membuat akun terlebih dahulu, baru setelah itu login dan ikuti langkah-langkahnya.

Ikuti langkah-langkah untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa aplikasi lewat website BPJSTK:

  1. Masuk ke situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Pada saat login, masukkan email yang digunakan untuk mendaftar dan juga password.
  3. Centang bagian “Saya Bukan Robot” kemudian klik login.
  4. Pilih menu Cek Saldo JHT (Jaminan Hari Tua).
  5. Informasi saldo akhir akan tampil di layar henpon Anda.

Jika belum memiliki akun, maka bisa klik “Buat Akun Baru” untuk membuat akun terlebih dahulu, baru setelah itu login dan ikuti langkah di atas.

6. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM

Jika Anda merupakan nasabah BNI, maka Anda bisa mengecek saldo BPJSTK melalui ATM terdekat. BNI memang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan fasilitas ini melalui ATM.

Penting untuk diketahui, fasilitas ini terbatas untuk cek saldo saja tanpa bisa melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) secara langsung. Simak langkah-langkahnya:

  1. Datang ke ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin, lalu masukkan PIN ATM.
  3. Lalu pada bagian menu, pilih cek saldo.
  4. Selanjutnya akan muncul berapa saldo yang ada di dalam akun tersebut.

Setelah melihat info saldo, pastikan Anda mengambil kartu ATM kembali. Jangan sampai terlupa dan ATM disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Temukan agen properti berdasarkan kawasan incaran Anda di sini!

Menemukan rumah idaman di lokasi pemukiman incaran jadi gampang berkat agen properti profesional yang berpengalaman.

7. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Datang Langsung ke Kantor BPJSTK

Ada beberapa alasan yang membuat orang lebih memilih datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan meskipun hanya sekadar untuk mengecek saldo. Di antaranya ialah kesulitan untuk mengakses internet, tidak ada sinyal atau pulsa, hingga tidak memiliki akses internet. Caranya:

  1. Anda dapat mendatangi kantor BPJSTK di kota Anda dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP.
  2. Sesampainya di sana, jelaskan tujuan Anda dan akan ada petugas yang membantu untuk mengecek saldo di akun Anda.
  3. Petugas juga bisa membantu mencetak saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Itulah penjelasan lengkap seputar cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK, online, tanpa aplikasi, hingga lewat WA. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, terutama bagi PropKlikers yang hendak membeli rumah, apartemen, atau tanah.

PropertyKlik.com: Portal Properti Terpercaya untuk Wujudkan Hunian Impian Anda #KlikAja

Orang lain juga bertanya: Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  • Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Buka aplikasi JMO di handphone kamu. 2. Pilih opsi 'Jaminan Hari Tua' di dalam aplikasi. 3. Setelah itu, klik 'Cek Saldo'. 4. Pilih nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) yang ingin kamu lihat saldonya. 5. Saldo Jaminan Hari Tua (JHT) akan ditampilkan di layar.

  • NIK adalah nomor identitas yang tertera di KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Dengan NIK, pekerja dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui berbagai kanal, seperti website, aplikasi, SMS, atau media sosial.

  • Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi JMO 1. Unduh aplikasi JMO dari PlayStore. 2. Buka aplikasi JMO di ponsel Anda. 3. Buat akun dan masuk dengan kredensial yang Anda buat. 4. Pilih opsi “Jaminan Hari Tua” dari menu. 5. Di halaman “Jaminan Hari Tua,” klik pada opsi “Cek Saldo.”

  • Salah satu cara termudah untuk cek saldo BPJS Kesehatan adalah dengan mengunduh aplikasi mobile resmi BPJS Kesehatan. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat melakukan pendaftaran atau login dengan nomor kepesertaan dan kata sandi Anda.