Jasa Pindahan Rumah, Layanan, Tarif, Tips Memilih, Estimasi Biayanya

PropertyKlik.com – Jasa pindahan rumah adalah layanan yang pastinya sangat dibutuhkan bagi Anda yang hendak pindah rumah. Coba bayangkan jika Anda harus pindah ke rumah baru tanpa adanya layanan seperti ini? Pastinya akan merepotkan dan melelahkan.

Anda harus mempersiapkan segala peralatan untuk mengemas barang-barang, membungkus barang pecah belah, mengangkat perabotan, belum lagi urusan transportasi. Dengan jasa angkut pindahan semuanya menjadi lebih mudah.

Semuanya akan diurus mulai dari proses packing-angkut barangtransportasibongkar muathingga penataan kembali di rumah baru. Bahasa gampangnya Anda tinggal lenggang kangkung saja dan semua biarkan perusahaan jasa pindahan yang urus dan Anda cukup siapkan biaya jasanya saja.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait layanan jasa angkut barang pindahan ini, berikut adalah poin-poin yang akan dibahas pada artikel ini:

Jasa Pindahan Rumah Adalah

Jasa pindahan rumah adalah layanan atau penyedia jasa yang fokus untuk membantu Anda pindah rumah. Jasa pindahan rumah ini merupakan kumpulan profesional yang akan menjaga peralatan dan perabotan Anda aman selama proses pemindahan ke tempat yang baru.

Adapun prosesnya sendiri mulai dari pengemasan barang yang akan dipindahkan dengan aman, proses pengangkutan ke kendaraan, keamanan transportasi hingga ke tempat tujuan, bongkar muat barang, hingga penataan di lokasi tujuan.

Keberadaan layanan ini menjadi begitu dibutuhkan mengingat proses pindahan rumah bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan pengalaman dan penanganan khusus, transportasi dan alat khusus, guna menjaga kondisi barang-barang yang akan dipindahkan tetap aman hingga di lokasi tujuan.

Temukan berbagai properti baru pilihan, baik residensial maupun komersial.

Selengkapnya di sini!

Untung Rugi Menggunakan Jasa Pindahan Rumah

Memakai jasa angkut pindahan tentu saja memiliki keuntungan namun ada juga kerugiannya. Berikut adalah keuntungan dan kerugian menggunakan layanan jasa seperti ini:

a. Untungnya Menggunakan Jasa Pindahan Rumah

  1. Tidak perlu repot-repot lakukan sendiri, ada yang membantu
  2. Kegiatan yang berat dilakukan oleh profesional
  3. Ada asuransi dan memastikan barang aman sampai rumah baru

b. Kekurangan Menggunakan Jasa Pindahan Rumah

  1. Harus menyesuaikan jadwal yang telah disepakati bersama
  2. Anda tidak dapat mengawasi terus menerus barang yang Anda pindahkan
  3. Lebih mahal daripada pindahan sendiri

8 Layanan Jasa Pindahan Rumah dan Tarifnya

jasa pindahan rumah
Jenis kendaraan yang disediakan sebagai pengangkut dari berbagai layanan hampir sama dengan perusahaan jasa lainnya, seperti pick up bak dan box, engkel bak dan box dan van.

Setiap jenis jasa juga memiliki batasan jarak, harga, serta jenis layanannya. Apa saja layanan yang ditawarkan?

1. Deliveree

Terdapat lima jenis ukuran truk yang disediakan oleh Deliveree, mulai dari pickup hingga Tronton (paling besar). Untuk harga sudah termasuk pengemudi, truk, bahan bakar, serta layanan, antara lain: ambil barang dari dalam rumah, angkut ke dalam truk, antar barang dengan aman dan bongkar barang hingga ke dalam rumah yang baru.

Sayangnya, bila Anda memilih menggunakan pickup yang terbuka, jasa pindahan rumah ini tidak menyediakan kain penutup untuk melindungi barang Anda bila terjadi hujan selama perjalanan. Perkiraan harga awalnya adalah Rp35.000, dengan tambahan Rp5.000 untuk kilometer berikutnya. Kemudian, jarak maksimal adalah 30 Km.

2. GoBox

Berbeda dengan Deliveree, GoBox memiliki jarak pengiriman yang lebih jauh. Jasa pengangkutan pindahan ini bisa Anda sewa dengan jarak lebih dari 100 Km, selama GoBox tersedia di wilayah atau daerah Anda. Terdapat empat jenis truk yang disediakan, yakni pick up bak, pickup box, engkel bak, dan engkel box, yang masing-masing dapat menampung beban dari 1000 hingga 2000 kg.

Namun, dengan ketersediaan GoBox di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Tasikmalaya, Cirebon, Solo, Balikpapan hingga Makassar, terdapat perbedaan harga layanan yang cukup signifikan.

Tarif per km GoBox dipatok dari Rp7.500 untuk jenis pick up dan Rp9.000-9.500 untuk truk engkel. Sementara untuk tarif minimum:

  • Truk pick up bak: Rp87.000 – Rp152.000
  • Truk pick up box: Rp127.000 – Rp229.500
  • Truk Engkel Bak: Rp202.500 – Rp302.000
  • Truk Engkel box: Rp169.500 – Rp347.000

3. Lalamove

Kendaraan untuk melayani pengangkutan pindahan yang disediakan Lalamove terdapat jenis kendaraan yang unik, salah satunya adalah Van. Jenis kendaraan lainnya adalah pick up bak dan box, serta Engkel box.

Terdapat syarat tambahan jika Anda ingin menggunakan Van, yakni minimal jarak dasar pengirimannya adalah 5 km. Berikut adalah pembagian harga berdasarkan jenis kendaraannya:

  • Van (600 kg): Harga dasarnya Rp100.000, 15 Km pertama Rp5.000/km, setelahnya tarif menjadi Rp4.500/km.
  • Pick up bak (800 kg): Harga dasarnya Rp95.000, jarak dasar 1 km dengan biaya Rp4.200/km untuk 12 km pertama, setelahnya tarif menjadi Rp5.000 per km-nya.
  • Pick up box (1000 kg): Harga dasarnya Rp135.000, jarak dasar 1 km, dipatok Rp5.000/km untuk jarak 1-30 km, selebihnya adalah Rp8.000/km.
  • Engkel box (2000 kg): Harga dasar Rp270.000, jarak dasar 1 km, dipatok Rp5.000/km untuk jarak 1-30 km, selebihnya adalah Rp8.000/km.

4. Raja Pindah

Perusahaan jasa pengangkutan pindahan yang ini menjadi salah satu penyedia jasa yang membantu proses pengepakan. Ya, bukan hanya pengangkutan dan pengiriman, Raja Pindah pun membantu dalam proses penempatan serta penataan kembali barang pindahan Anda ke rumah baru.

Sayangnya, harga yang dipatok belum termasuk biaya asuransi, weekend charges, bad access di area penjemputan serta tujuan, dan special handling. Uniknya, Raja Pindah menghitung harga berdasarkan ukuran meter kubik, dengan kata lain volume jumlah barang secara keseluruhan.

Untuk harga dasarnya, khusus kawasan Jabodetabek, dipatok Rp250.000/CBM dengan minimum charges 10 CBM. Tidak heran tim Raja Pindah akan melakukan survey ke lokasi penjemputan terlebih dahulu sebelum menentukan tarif dan kendaraan apa yang akan digunakan.

5. The Lorry

Perusahaan layanan angkut pindahan satu ini sudah tersedia di kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung dan Surabaya. Sayangnya, perusahaan ini belum tersebar luas ke pelosok Indonesia, selain pulau Jawa dan Bali.

Jenis kendaraan yang disediakan sebagai pengangkut pun hampir sama dengan jasa lain, seperti pick up bak dan box, engkel bak dan box dan van. Namun, ada yang baru, yakni double bak dan box, dengan kemampuan mengangkut beban hingga 4.000 kg.

Diperkirakan harga tarif dasar dimulai dari Rp120.000. Kami mencoba memperhitungkan biaya The Lorry dari Jakarta Pusat ke BSD, harga totalnya:

  • Van: Rp288.000
  • Pick up bak: Rp289.000
  • Pick up box: Rp328.000
  • Engkel bak: Rp524.000
  • Engkel box: Rp574.000
  • Double bak: Rp1.002.000
  • Double box: Rp1.052.000

6. Beres

Asuransi keamanan, kerusakan, pencurian dan tanggung jawab yang ditawarkan Beres mencapai 30 hari dari pengerjaan jasa. Sayangnya, jasa pindahan rumah hanya dua jenis kendaraan pengangkut yang disediakan, Truk engkel dan pick up.

Dari segi harga, untuk pick up bila jarak di bawah 30 km, maka jasa sekali antar (termasuk bensin, supir, biaya tol dan parkir serta disediakan terpal, troli dan tali) dipatok Rp40.000. Sementara untuk jarak di atas 30 km adalah Rp600.000. Untuk truk engkel adalah Rp600.000 untuk jarak di bawah 30 km, sedangkan jarak di atas 30 km adalah Rp900.000.

7. Kargo Online

Apabila Anda mencari perusahaan layanan angkut pindahan yang melayani antar kota, maka Kargo dapat jadi pilihan. Meski dengan harga yang cukup mahal, tapi tersedia berbagai jenis kendaraan pengangkut yang Anda dapat pilih sesuai dengan keperluan Anda.

Kami mencoba untuk menghitung biayanya dari Jakarta Pusat ke Bekasi. Tersedia tiga jenis kendaraan yang dapat dipilih (sekali antar door to door), dan berikut adalah biayanya:

  • Colt Diesel: Rp960.000
  • Pick up: Rp560.000
  • Truk Engkel: Rp600.000

8. Dasmover

Untuk jasa pindahan rumah yang satu ini, harga dapat dinegosiasi lho. Mengapa begitu? Karena harga dipatok berdasarkan jumlah barang yang akan diangkut dalam satuan per meter kubik, atau m3. Layanan yang ditawarkan Dasmover pun lengkap, peninjauan sebelum pindahan, pengemasan, bongkar pasang (perabotan), pengantaran, penempatan barang di ruangan, hingga membersihkan ruangan lokasi pengambilan dan pengantaran barang.

Untuk harga, kami menyimulasikan total kubikasi seluruh barang mencapai 90 m3 dan harga yang dipatok untuk tarif jasa pindahan adalah Rp200.000. Maka total harga akan menjadi; Rp200.000 x 8.8 m3 = Rp1.760.000

Menemukan rumah idaman jadi gampang berkat bantuan agen properti profesional dan berpengalaman.

Temukan agen properti berdasarkan kawasan incaran Anda di sini!

Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah

Dengan banyaknya penyedia layanan angkut pindahan rumah di Indonesia, tentunya butuh pertimbangan untuk memilih mana yang terbaik. Berikut adalah tips memilihnya:

  • Cek sudah berapa lama perusahaan jasa angkut pindahan tersebut berdiri dan memberikan layanannya
  • Pastikan perusahaan tersebut sudah berlisensi
  • Cari tahu berapa jauh jarak antar maksimal yang ditawarkan jasa angkut pindahan tersebut
  • Cek review penyedia layanan angkut pindahan ini secara online
  • Pastikan perusahaan penyedia jasa memiliki peralatan dan pegawai yang profesional
  • Pastikan perusahaan penyedia jasa ini juga memenuhi checklist dan syarat yang Anda miliki untuk mempermudah proses pindahan

Estimasi Menghitung Biaya Jasa Pindahan Rumah

Jasa yang akan Anda terima meliputi packing-angkut ke truk-transportasi-menurunkan ke lokasi baru-unpacking-dan penataan kembali. Anda tinggal terima beres.

Berdasarkan simulasi di atas, jadi barang Anda adalah sekitar 17 m3 (rounded up 17 CBM). Dan jika diasumsikan menggunakan harga rate RajaPindah untuk area Jabotabek maka: Moving rate 17 CBM x Rp250.000 = Rp4.250.000.

Harga di atas sudah termasuk dengan jasa tenaga kerja, material packing, kardus dipinjamkan, dan kendaraan truk fuso (kapasitas 20 CBM). Bila Anda berencana mengirimkan barang keluar Jabotabek dan atau sebaliknya, maka akan ditambahkan biaya trucking antar kota.

Dengan informasi di atas, bisa saja terdapat biaya tambahan yang akan dikenakan apabila ada pekerjaan tambahan seperti membongkar dan memasang AC, Pompa air, water heater, kitchen set, furniture jati dan berbagai barang lainnya, karena barang-barang tersebut memerlukan keahlian khusus dibanding penanaganan barang-barang lainnya.

Itulah penjelasan lengkap terkait jasa pindahan rumah, lengkap dengan definisi, keunggulan, kekurangan, tarif layanan dan estimasi biayanya. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, terutama bagi PropKlikers yang hendak membeli rumah, membangun rumah, atau mungkin berencana merenovasi huniannya.

PropertyKlik.com: Portal Properti Terpercaya untuk Wujudkan Hunian Impian Anda #KlikAja

Orang lain juga bertanya: Jasa Pindahan Rumah

  • GoBox bisa kamu andalkan kapanpun seperti untuk jasa angkut barang pindahan rumah, pindahan kosan, pindahan apartment, hingga pindahan kantor. GoBox juga bisa kamu gunakan sebagai truk angkut barang untuk event kamu lho! Jadi kamu bisa sesuaikan kebutuhan jasa angkut barang sesuai dengan jenis kendaraanya.

  • Umumnya, truk CDE dan truk CDD menjadi armada pilihan saat pindahan rumah karena ukurannya besar. Lalamove saat ini hadir di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Malang, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Tak hanya melayani pindahan rumah dalam kota, Lalamove juga bisa diandalkan untuk pindahan ke luar kota.

  • Rata-rata harga sewa truk pindahan berkisar di antara Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000 untuk pindahan dalam kota. Adapun pindahan luar kota, maka harga sewa truk pindahan dipatok antara Rp 600.000 hingga Rp 8.000.000 sekali jalan.

  • Praktis dan Aman, Ini 8 Website dan Aplikasi Layanan Jasa Pindah Rumah Tanpa Ribet 1. Deliveree. 2. GoBox. 3. The Lorry. 4. GoMovers. 5. Lalamove. 6. Boyongan. 7. Raja Pindah. 8. Saga Movers.